Apakah Harga Kambing Merupakan Syarat Aqiqah? Temukan Jawabannya

Syarat Aqiqah – Moment kelahiran anak merupakan hal yang patut disyukuri. Bahkan salam islam ada yang namanya tradisi aqiqah. Merupakan tradisi sebagai bentuk syukur atas kelahiran seorang anak. Meskipun menurut beberapa ulama hukum aqiqah ini sunnah. Namun bagi umat islam tradisi yang satu ini masih dijunjung tinggi. Acara yang biasanya diiringi oleh pemotongan rambut si bayi ini juga merupakan acara syukuran dimana anak yang baru lahir diberikan nama.

Dalam acara aqiqah ini biasanya ada hewan kambing atau domba yang disembelih dimana jumlahnya tergantung dari jenis kelamin si anak. Untuk anak laki-laki djumlah hewan yang harus disembelih adalah dua ekor, sedangkan untuk perempuan cukup satu ekor saja. Namun dalam islam selalu ada keringanan bagi yang tidak mampu. Jika anak yang lahir adalah laki-laki namun tidak mampu menyembelih dua ekor kambing untuk aqiqah, maka satu ekor saja sudah cukup. Bagi anda yang ingin melaksanakan aqiqah pastinya sedang butuh info mengenai harga kambing untuk aqiqah.

syarat aqiqah

Syarat Aqiqah

Ada banyak hal yang harus disiapkan jika ingin membuat acara aqiqah an. Salah satu yang terpenting adalah pembelian kambing atau dombanya. Ada ketentuan tertentu tentang kambing seperti apakah yang memenuhi syaratnya. Jika anda ingin membeli hewan untuk aqiqah atau domba, maka bukan masalah harga kambing yang nanti akan dipermasalahkan, tapi apakah telah memenuhi syarak islam atau belum. Salah satu syarat kambing yang akan dijadikan sebagai hewan aqiqah adalah sehat fisiknya.

Maksud tidak sakit disini adalah hewannya tidak cacat dan tidak mengidap penyakit apapun. Syarat lainnya adalah memiliki umur yang cukup yaitu telah berusia 1 tahun dan akan memasuki tahun kedua. Tentu saja setiap jenis hewan yang disembelih memiliki batas umur yang berbeda. untuk unta batas umur dimana ia bisa dijadikan qurban adalah 5 tahun, sedangkan sapi 2 tahun, dan untuk kambing 1 tahun.

Beda halnya dengan domba yang dapat disembelih jika telah memenuhi batas usia musinna nya yaitu 6 bulan. Untuk di Indonesia sendiri, hewan yang seringkali djadikan untuk hewan aqiqah adalah kambing, jadi jika ingin membeli kambing yang akan dijadikan hewan untuk aqiqah, belilah yang umurnya sudah lebih dari satu tahun.

Jika kesulitan mencari kambing dengan usia yang sesuai dengan ketentuan musinnah, maka dibolehkan untuk menyembelih kambing yang berumur kurang dari satu tahun. Tapi tentu lebih diutamakan untuk menyembekih kambing yang berusia lebih dari satu tahun.

Sekarang masalah aqiqah jauh lebih mudah dilakukan karena banyak pihak yang menawarkan jasa aqiqah mulai dari pemilihan kambing yang sesuai dengan syarat hinga pengolahan daging kambing dan untuk harga kambing bervariasi tergantung kondisinya. Untuk anda yang hendak membeli kambing/domba untuk keperluan aqiqah. Anda dapat membeli kambing/domba di Alisa Aqiqah. Kambing/domba yang sehat dan sesuai dengan syarat syar’i. Untukinformasi dan pemesanan silahkan hubungi kami.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *