Persiapan Melahirkan Untuk Ibu dan Anak

Persiapan melahirkan untuk ibu dan anak tak hanya berhenti di persiapan mental maupun fisik, namun juga mempersiapkan bekal melahirkan lainnya bagi calon ibu dan ayah, pada khususnya dengan:

  • Sudah menentukan rumah sakit mana dan dokter siapa yang akan menangani proses persalinan.

Sebaiknya kedua hal ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari kelahiran. Segera mulai mencari informasi seputar dokter kandungan yang baik untuk persalinan Anda. Pemilihan dokter nantinya akan mempengaruhi pilihan rumah sakit, karena umumnya Anda hanya bisa memilih rumah sakit tempat dokter Anda praktek. Setidaknya carilah info untuk mencari suasana rumah sakit yang nyaman dan cocok atmosfirnya dengan Anda. Pertimbangkan pula jarak rumah sakit dengan rumah.

Persiapan Melahirkan Untuk Ibu dan Anak

  • Persiapkan barang yang perlu dibawa ke rumah sakit ketika bersalin.

Agar tidak ada yang tertinggal dan bisa langsung dibawa jika sewaktu-waktu Anda mengalami kontraksi dan harus segera menuju rumah sakit. Packing tas bersalin jauh-jauh hari, idealnya sih ketika kandungan sudah 8 bulan. Paling tidak siapkan 2 tas kecil untuk persiapan melahirkan. Satu diisi barang yang dibutuhkan selama persalinan, sedang satunya untuk barang-barang setelah melahirkan, isi barang yang kiranya akan berguna ketika ada di ruang pemulihan.

 

Baca Juga:  Apakah Pengertian,  Hukum Aqiqah, Serta Syarat Aqiqah?

 

Dalam persiapan melahirkan untuk ibu dan anak, terutama saat mempacking tas melahirkan, disarankan Anda mengisinya dengan:

  • Identitas diri (KTP/SIM), jangan lupa kartu asuransi, daftar nomor telepon penting, formulir serta data-data rumah sakit.
  • Baju ganti yang nyaman dan mudah dipakai, seperti daster, jubah mandi, sertakan pula kaus kaki dan sandal untuk cadangan. Pilih baju, daster atau piyama yang longgar dan berlengan pendek agar nanti perawat bisa mudah memeriksa tekanan darah Anda.
  • Masukkan birthing plan atau rencana persalinan, jika ada.
  • Siapkan kaos kaki tebal dan bola tenis, untuk dijadikan alat relaksasi serta bisa digunakan untuk meringankan nyeri unggung selama persalinan. Caranya bagaimana? Masukkan bola tenis ke dalam kaos kaki kemudian ikat ujungnya. Minta tolonglah pada pasangan untuk menggulirkan bola berbalut kaos kaki itu di sepanjag punggung dengan gerakan ke atas-bawah. Atau, Anda bisa membawa pemutar musik atau buku pilihan Anda sembari menunggu persalinan.

Lain lagi, perlengkapan untuk si bayi yang telah lahir. Persiapan melahirkan untuk ibu dan anak Anda akan lebih lengkap dengan menyiapkan baju bayi dan keranjang bayi. Setelah melahirkan, pastinya si bayi begitu juga dengan Anda ingin saling dekat, untuk itu buat senyaman mungkin kondisi si bayi dan Anda sendiri. Hangatkan buah hati Anda dengan pakaian kain yang halus dan nyaman agar ia tenang ketika berada dalam buaian Anda. Beberapa rumah sakit terkadang sudah menyiapkan baju bayi, tapi tidak ada ruginya, Anda tetap mempersiapkan beberapa baju bayi, selimut, kaos kaki dan sarung tangan serta popok kain untuk dibawa demi kenyamanan bersama.

Ada baiknya jika ibu dalam list persiapan melahirkan untuk ibu dan anak, ada kegiatan mengikuti kelas persiapan melahirkan. Kelas seperti ini biasanya menawarkan dasar-dasar prinsip melahirkan dari awal dan mengajarkan teknik pernafasan serta relaksasi. Anda juga sebaiknya menentukan siapa yang akan menemani Anda di ruang bersalin yang kiranya bisa memberikan support dan semangat—bisa suami, ayah, ibu, mertua atau kerabat lainnya. Jika Anda ingin mengajak seseorang atau lebih, tanyakan dulu pada pihak rumah sakit, bolehkah membawa beberapa orang atau hanya satu saja.

Itulah tadi informasi mengenai persiapan melahirkan untuk ibu dan anak, semoga bermanfaat. Untuk infomasi dan pemesanan seputar aqiqah dapat menghubungi kami Alisa Aqiqah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *