Kapankah Waktu Terbaik Untuk Cukur Gundul Aqiqah?

Cukur Gundul Aqiqah – Dalam islam, memang ada banyak tradisi yang biasa dilakukan jika kita mendapatkan rizqi. Salah satunya saat kita dikarunia seorang anak dimana anak merupakan titipan yang dititipkan oleh Allah kepada kita. Tradisi Aqiqah ini merupakan tradisi menyembelih hewan Qurban yang biasanya berupa kambing atau domba. Dimana Ketentuan penyembelihan hewan untuk aqiqah ini disesuaikan dengan kemampuan dimana kalau mampu maka harus segera dilakukan yaitu pada hari ketujuh kelahiran anak.

Namun jika tidak, aqiqah bisa dilaksanankan lain waktu. Begitu juga dengan jumlah hewan aqiqah untuk anak laki-laki maka jumlahnya 2 ekor, sedangkan untuk perempuan cukup satu ekor saja. Namun Allah memang maha pemurah, makanya untuk yang tidak mampu, bila anaknya laki-laki bisa menyembelih satu kambing atau domba saja. Dalam acara Aqiqah ini biasanya tidak hanya ada prosesi penyembelihan hewan qurban saja, tapi ada acara cukur gundul aqiqah. Dan menurut sunnah, waktu yang paling tepat untuk mencuckur rambut bayi adalah di hari ketujuh setelah hari kelahiran.

cukur gundul aqiqah

Cukur Gundul Aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah dengan melaksanakan sunnah Nabi Ibrahim untuk menyembelih kambing. Aqiqah sendiri jika diartikan menurut arti bahasa adalah memotong. Maksud memotong disini adalah menyembelih kepala hewan dalam penyembelihan aqiqah yaitu kambing atau domba. Jika tidak dilakukan pada hari ketujuh, diajurkan untuk melakukan aqiqah pada hari ke 14 maupun hari ke 21. Biasanya acar aqiqah ini juga seklaigus acara cukur gundul aqiqah dan pemberian nama untuk si bayi. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Thabrani, dan al-Baihaqi, bayi yang baru lahir seharusnya dicukur rambutnya dan bersedekah dimana dalam hal aqiqah ini anda bisa bersedekah dengan daging kambing atau domba yang disembelih.

Sekarang prosesi pengolahan daging kambing juga cukup mudah. Banyak jasa catering yang menawarkan jasa pengolahan daging qurban yang sesuai dengan syariat islam. Sekarang anda tidak perlu lagi menyembelih sekaligus mengolah daging dari hewan yang disembelih sendirian. Apalagi anda kurang mengerti bagaimana mengolah daging kambing yang benar. Tentu akan lebih mudah jika anda menggunakan jasa catering aqiqah yang sekarag ini sedang banyak dicari. Selain praktis, hemat, dan mudah, anda juga tidak akan kerepotan dalam mengolah daging hewan qurbannya.

Dalam aqiqah, disembelihnya hewan ada banyak hikmahnya dimana salah satunya adalah anda dapat berbagi dengan saudara anda dengan daging yang didapatkan dari hewan qurban. Selain itu, hikmah yang anda dapat adalah menjalankan sunah nabi Ibrahim yaitu menyembelih kambing atau domba. Dalam prosesi aqiqah, yang paling penting adalah menyembelih domba dan melakukan cukur gundul aqiqah. Hal ini telah disampaikan dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat. Untuk anda yang hendak ber aqiqah. Anda dapat mempercayakannya pada Alisa Aqiqah. Layanan jasa aqiqah siap saji profesional. Dengan paket gratis cukur gundul beserta konversi ke dirham. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hubungi kami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *